NEWS UPDATE :  

Berita

Kontak
Alamat :

Jl, Raya Tampingan-Boja, Ds. Tampingan Kec. Boja Kab. Kendal

Telepon :

0294571255 - no Telphon Perpustakaan 082225629898

Email :

smpduaboja@gmail.com

Website :

http://smpnegeri2boja.sch.id

Media Sosial
Selamat Datang Di Website Seroja, SMP Negeri 2 Boj
PKPJ Atasi Materi IPS yang Luas

PKPJ Atasi Materi IPS yang Luas

13 Jan 2021   831

Oleh

Endang Sulistyani, S.Pd, M.Si

Guru SMP Negeri 2 Boja Kabupaten Kendal


Seperti tercantum dalam UU Nomer 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah ( 167 : 2007) menyatakan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

   Saat ini hasil pembelajaran mata pelajaran IPS khususnya di SMP Negeri 2 Boja Kabupaten Kendal kurang memuaskan, salah satu penyebabnya adalah materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sangat luas. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik, sehingga diharapkan hasil belajar siswa akan meningkat. Padahal guru sudah menggunakan berbagai strategi pembelajaran dengan model yang bervariasi namun hasil belajar siswa masih belum maksimal

Menurut Hamzah B. Uno (2009:3) strategi pembelajaran adalah cara-cara yang akan digunakan oleh pengajar untuk memilih kegiatan belajar yang akan digunakan selama proses pembelajaran. Pemilihan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang dihadapi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Salah satu strategi pembelajaran yang digunakan umtuk menyiasati materi yang sangat luas dapat menggunakan stategi pembelajaran Peta Konsep Pohon Jaringan (PKPJ).

Peta konsep merupakan suatu media grafis dua dimensi yang berfungsi mengorganisasikan dan merepresentasikan suatu pengetahuan, biasanya berupa beberapa gambar kotak atau lingkaran berisikan tulisan terkait mengenai konsep yang dipelajari (Slamet, 2010). Salah satu peta konsep yang diguakan untuk  mengatasi materi IPS yang luas adalah Peta Konsep Pohon Jaringan (PKPJ)

Proses pembelajaran dengan strategi Peta Konsep Pohon Jaringan (PKPJ) dilakukah guru dengan langkah-langah (1)  guru menentukan materi pembelajaran, (2) guru memberi contoh cara membuat Peta Konsep Pohon Jaringan (PKPJ), (3) guru membagi siswa menjadi 6 kelompok, (4) guru membagikan tugas siswa membuat PKPJ bersama kelompoknya, (5) guru menunjuk kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil kerjanya, (6) guru memberikan umpan balik dengan mengevaluasi peta konsep siswa yang di papan tulis

Peta Konsep Pohon Jaringan (PKPJ) cocok digunakan untuk memvisualisasikan sebab akibat, suatu hierarki, prosedur yang bercabang dan istilah-istilah yang berkaitan yang dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan-hubungan. Melalui bagan konsep siswa juga dapat lebih cepat dalam memahami materi yang disajikan oleh guru, belajar menjadi bermakna karena pengetahuan atau informasi baru dengan pengetahuan terstruktur yang telah dimiliki siswa tersambung sehingga menjadi lebih mudah terserap siswa

Dengan Peta Konsep Pohon Jaringan (PKPJ) dapat meningkatkan pemahaman siswa dan daya ingatnya, meningkatkan keaktifan dan kreativitas berfikir siswa, hal ini menimbulkan sikap kemandirian belajar yang lebih pada siswa, mengembangkan struktur kognitif yang terintegrasi dengan baik yang akan memudahkan dalam belajar, dan membantu siswa melihat makna materi pelajaran secara lebih komprehensif dalam setiap komponen-komponen konsep dan mengenali hubungan

Dengan demikian materi yang luas dalam pelajaran IPS tidak menjadi masalah yang dihadapi siswa untuk dipelajari. Justru keuntungan lain dengan menggunakan Peta Konsep Pohon Jaringan (PKPJ) dapat membantu siswa mengahasilkan pembelajaran bermakna di kelas, membuat siswa lebih aktif dalam mengkonstrukatau membangun pengetahuannya dan meningkatkan hasil belajar siswa

 Artikel ini telah dimuat di Jateng Pos, Senin 20 Januari 2020

Leave a Comment