NEWS UPDATE :  

Berita

Kontak
Alamat :

Jl, Raya Tampingan-Boja, Ds. Tampingan Kec. Boja Kab. Kendal

Telepon :

0294571255 - no Telphon Perpustakaan 082225629898

Email :

smpduaboja@gmail.com

Website :

http://smpnegeri2boja.sch.id

Media Sosial
Selamat Datang Di Website Seroja, SMP Negeri 2 Boj
Jigsaw Puzzle Tingkatkan Hasil Belajar  Bangun Balok

Jigsaw Puzzle Tingkatkan Hasil Belajar Bangun Balok

13 Jan 2021   595

Oleh: Endang Sulistyaningsih,SPd. M.Pd

Guru Matematika SMP Negeri 2 Boja

 

          Bangun Balok merupakan materi pelajaran yang wajib diajarkan pada mata pelajaran matematika di kelas VIII. Namun ketika materi bangun balok diajarkan di kelas, siswa kesulitan untuk memahaminya..          Kenyataan tersebut dihadapi siswa kelas VIII, khususnya kelas VIII E SMP Negeri 2 Boja. Dalam Penilaian Harian  materi Bangun balok dari 32 siswa hanya 19 siswa atau 60% yang tuntas dari KKM 75.

          Untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut , digunakan  metode permainan jigsaw puzzle. Menurut Suparno (2007), permainan jigsaw puzzle adalah permainan yang mengajak siswa dengan permainan yang mereka sukai. Sementara itu  Ramadhan (2008) berpendapat bahwa  permainan  Jigsaw puzzle adalah permainan teka-teki dengan cara menyusun potongan-potongan kertas.

          Dalam pelaksanaan dengan metode jigsaw puzzle  siswa  dibagi menjadi delapan kelompok, dengan masing-masing kelompok beranggotakan 4 siswa. Setiap kelompok  diberi tugas menyiapkan kertas karton  dan  asturo. Kertas asturo dipotong-potong  dengan ukuran 10 cm x 8 cm,  10 cm x 6 cm dan 8 cm x 6 cm. 

          Setiap kelompok kemudian berdiskusi menyusun potongan-potongan kertas menjadi jarring-jaring balok dan di tempel di kertas karton. Jika siswa dalam kelompok menemukan model jarring-jaring yang lain, dapat memotong-motong lagi kertas sesuai ukuran yang telah ditentukan. Penemuan model jarring-jaring balok tersebut kemudian di tempel di kertas karton yang sama. Demikian seterusnya sampai setiap kelompok menemukan beberapa model jarring-jaring balok.

          Tugas berikutnya setiap kelompok berdiskusi  menghitung luas permukaan  balok dan mencatat hasilnya. Kemudian setiap kelompok memilih salah satu model jarring-jaring balok dan disatukan membentuk sebuah balok serta menghitung volumenya.

          Setelah setiap kelompok menyelesaikan tugas kerjanya, guru membuat gulungan kertas dan diberi nomor sesuai jumlah kelompok. Setiap anggota kelompok mewakili teman-temannya untuk mengambil gulungan kertas sebagai urutan untuk mempresentasi hasil kerja  Ketika satu kelompok mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain menanggapi. Demikian seterusnya sampai kelompok terakhir. Pada akhir pembelajaran guru memberi penguatan dan penegasan terhadap kerja siswa.

          Pada pertemuan berikutnya  diadakan Penilaian Harian untuk mengetahui daya serap siswa terhadap pelajaran. Ternyata setelah dikoreksi 30 siswa  atau 94 % nilai  siswa kelas VIII E di atas KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa    Jigsaw puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Boja.

 

 Artikel ini telah dimuat di Jateng Pos, Rabu 13 Januari 2021

 

Leave a Comment