
LAGU TINGKATKAN VOCABULARY SISWA DI MASA PANDEMI oleh Ely Nilawati, S. Pd.
Materi
deskriptive teks, pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VII SMP merupakan materi yang wajib
diajarkan dan harus dikuasai oleh siswa. Materi tersebut merupakan materi dasar
untuk bisa belajar bahasa Inggris. Sebab pada materi deskriptive teks, siswa
dituntut sebanyak mungkin menguasai vocabulary
atau kosa-kata. Kosa kata tersebut tidak hanya dihafal, tetapi siswa dituntut
untuk mengetahui artinya dan bisa melafalkan dengan benar.
Menurut
Richard (2002) vocabulary atau kosa kata merupakan kompetensi inti dari
penguasaan bahasa dan menyediakan dasar
bagi pelajar untuk berbicara ,
mendengar, membaca dan menulis. Sementara itu Nunan (1999) berpendapat bahwa kosa kata
adalah sebuah daftar kata-kata dari bahasa target (bahasa yang
dipelajari).
Untuk
pelafalan atau ucapan dalam masa pandemi melalui PJJ tentu tidak semudah jika
pembelajaran tatap muka. Jika tatap muka siswa dapat menirukan apa yang
diucapkan guru sebagai model. Hal tersebut terbukti ketika siswa kelas VII di
SMP Negeri 2 Boja diberi tugas penjajakan. Siswa diminta mencari kosa kata dan
melafalkannya lalu tugas tersebut direkam dan dikirim melalui google
classroom. Banyak siswa mengalami
kesulitan dan kendala terutama di kelas VII B.
Kesulitan
tersebut disebabkan banyak faktor, misalnya: 1) di SD hanya vocabulary tertentu
yang diajarkan, 2) pengajar Bahasa Inggris bukan dari jurusan bahasa Inggris,
3) bahasa Iggris diajarkan mulai kelas IV, 4) bahasa Inggris tidak diajarkan di
SD.
Kendala
tersebut menyulitkan guru ketika
melakukan pembelajaran PJJ, terutama di
kelas VII B SMP Negeri 2 Boja yang hanya 6 siswa atau 18,7 % bisa melafalkan
dengan baik. Maka guru harus mencari strategi bagaimana siswa bisa menguasai
vocabulary, memahami arti dan lafalnya.
Hal ini tentu akan berbeda jika pembelajaran tatap muka.
Guru cukup menuliskan kosa-kata di papan tulis. Lalu siswa diminta mencari artinya di kamus. Setelah itu guru
mengucapkan per kata dan siswa menirukan. Langkah selanjutnya guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menghafal kosa kata dan melafalkan sesuai yang
telah dicontohkan..
Dalam
masa PJJ model dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kosa kata bahasa
Inggris adalah menggunakan lagu. Siswa diberi lagu berbahasa Inggris di google
classroom pada link youtube. Semua siswa diminta untuk menirukan lagu yang ada
dalam youtube tersebut sampai hafal secara mandiri.
Langkah
berikutnya siswa diminta menyanyikan dan
merekamnya lalu dikirim melalui google classrom. Guru menilai kerja siswa dan
membetulkan ucapan jika ada siswa yang salah dalam bernyanyi. Begitu
selanjutnya sampai siswa dapat menyanyi
dengan benar.
Siswa
yang sudah benar melafalkan lagu diminta untuk menterjemahkan arti kata pada
lagu tersebut. Arti kata yang dimaksud arti harafiah atau arti sebenarnya, bukan
makna.