NEWS UPDATE :  

Artikel

Kontak
Alamat :

Jl, Raya Tampingan-Boja, Ds. Tampingan Kec. Boja Kab. Kendal

Telepon :

0294571255 - no Telphon Perpustakaan 082225629898

Email :

smpduaboja@gmail.com

Website :

http://smpnegeri2boja.sch.id

Media Sosial
Selamat Datang Di Website Seroja, SMP Negeri 2 Boj
TINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA  DIMASA PANDEMI MELALUI  LAYANAN  HOME VISIT

TINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DIMASA PANDEMI MELALUI LAYANAN HOME VISIT

25 Jan 2021   643

Oleh:

Sri Sihniyati, S.Pd.

GURU BK SMP N 2 Boja, Kendal

        Di masa pandemi covid 19 ini semua pihak  harus mengikuti aturan pemerintah. Segala kegiatan yang mengundang kerumunan, keramaian dan interaksi secara langsung dengan orang dilarang oleh pemerintah, tidak terkecuali kegiatan belajar mengajar. Semua pihak terkena imbas dari wabah ini, begitu pula dalam jajaran dunia pendidikan.

Sejak wabah covid 19 muncul, sekolah dilarang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka ( PTM ). Hal tersebut berdasarkan surat edaran pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Covid-19 pada tanggal 24 Maret 2020, yang  menetapkan bahwa proses  pembelajaran  dilaksanakan melalui Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan(PJJ Daring ) dan Pembelajaran Jarak Jauh Diluar Jaringan (PJJ  Luring ).

       Dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh, SMP N 2 Boja memilih Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Jaringan (PJJ Daring) dengan menggunakan google classroom  dan google Form. Pada pelaksanaannya tidak hanya tertumpu pada guru mata pelajaran saja, tetapi Guru BK   berperan aktif demi kelancaran dan kesuksesan pembelajaran Daring.

Peran guru BK sangat dibutuhkan  dalam hal memberikan motivasi belajar kepada siswa. Tujuan motivasi tersebut agar siswa memiliki  semangat  belajar yang tinggi  seperti halnya ketika mengikuti pembelajaran tatap muka. Sebab setelah pelaksanaan PJJ pada siswa SMP N 2 Boja  dari 238 siswa kelas IX hanya 180 siswa (75 %) yang aktif mengikuti pembelajaran dan mengumpulkan tugas. Maka menghadapi permasalahan tersebut perlu dicarikan solusi yang tepat.

       Langkah yang dilakukan oleh guru BK untuk mengetahui permasalahan  siswa tersebut pada tahap awal   adalah  menghubungi orang tua siswa melalui telepon menanyakan penyebab mengapa siswa tidak aktif mengikuti PJJ Daring. Kesempatan tersebut sekaligus menyampaikan kepada orang tua siswa bahwa banyak tugas-tugas mata pelajaran yang tidak dikerjakan dan dikumpulkan kepada guru mata pelajaran.

      Setelah dipantau selama 1 minggu dan ternyata siswa belum mengalami perubahan,  langkah kedua harus dilakukan Home visit. Menurut Hibana S Rahman (2003:76) Home visit adalah Kegiatan Guru Pembimbing atau Konselor mengunjungi tempat tinggal siswa  untuk kunjungan rumah. Sedangkan WS.Winkel (1994)  berpendapat bahwa home visit merupakan salah satu teknik cara pengumpulan data dengan cara mengunjungi rumah siswa dengan  tujuan membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi konseli.

            Setelah dilakukan Home Visit ditemukan beberapa penyebab siswa tidak mengikuti Daring. Pertama  siswa malas dan bosan mengikuti Daring dan  lebih mengutamakan bermain game. Kedua terkendalanya sinyal dan kuota yang habis. Ketiga beberapa siswa tidak mempunyai HP dan bergantian dengan orang tua atau saudara yang masih sekolah.

Guru BK dan wali kelas memberikan bimbingan dan motivasi serta mengingatkan kepada siswa agar  aktif mengikuti PJJ karena masa pandemi bukan berarti siswa libur. Guru BK dan Wali kelas juga mengharapkan agar orang tua siswa berperan aktif memantau  anaknya  selama mengikuti PJJ di rumah. Apabila mengalami bisa konsultasi kepada Guru BK atau Wali Kelas lewat telepon.

      Setelah dilakukan Home Visit ternyata ada hasil yang cukup signifikan. Siswa mulai rajin mengikuti Pembelajaran Daring dan mengumpulkan tugas. Awalnya hanya 180  (75%) siswa,  sekarang menjadi 229 (96%) siswa. Hal ini dapat  disimpulkan bahwa dengan metode Home Visit meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX dalam mengikuti PJJ Daring di SMPN 2 Boja.


(artikel ini sudah dimuat di Jateng Pos, Minggu 24 Januari 2021)

Leave a Comment